Selasa, 20 November 2012

Pengertian Filsafat

Filsafat merupakan suatu forum, tempat atau ajang diskusi yang bebas; tempat mencari hikmat ditengah-tengah ilmu pengetahuan. Filsafat berusaha mendekati masalah mendasar manusia yang harus dianggap secara terbuka, mendalam, sistematis, kritis dan tidak apriori, atau berprasangka, tidak dogmatis dan ideologis, melainkan secara rasional dan argumentative.
Jadi filsafat timbul karena pengalaman sistematis dari pengetahuan. Pengertian pengetahuan juga dapat bermacam-macam antara lain adalah ‘sesuatu yang ada atau dianggap ada’ (lihat pengetahuan).
Pengetahuan dapat berkembang. Pengetahuan yang berkembang terus, kemudian diatur secara sistematis, metodis dengan tujuan tertentu hingga terbentuk ilmu pengetahuan.
Pengetahuan dapat berkembang. Pengetahuan yang berkembang terus, kemudian diatur secara sistematis, metodis dengan tujuan terus tertentu hingga terbentuk ilmu pengetahuan. Selanjutnya ilmu pengetahuan dikaji mendalam sesuai teori pembagian ilmu, menggunakan metode yang digunakan dalam ilmu tertentu untuk menemukan kebenaran dan dasar kepastian serta dikritik untuk memastikankebenaran hingga terjadilah cabang filsafat yang disebut kritik ilmu atau filsafat ilmu pengetahuan.
Filsafat sering diuraikan dengan kata-kata atau kalimat yang susah dipahami oleh yang baru belajar. Karena itu dalam buku pegangan ini baik untuk filsafat umum sebagai pengenalan.
Pengetahuan, ilmu pengetahuan dan filsafat ilmu pengetahuan, teknologi serta etika masing-masing ditinjau dari;
1. Aspek ontology; mempelajari ‘yang ada’ being, what atau who dengan sebenarnya yang dibagi menjadi objek materi dan objek formal. Objek materi/material yaitu materi yang dipelajari. Objek formal/formal yaitu pendekatan, ‘point of interest’ atau bidang yang dipelajari. Objek forma/formal yaitu pendekatan ‘point of interest’ atau bidang yang dipelajari atas objek materi tersebut
2. Aspek aksiologi; mempelajari tujuan ‘yang ada’ secara etis untuk apa dan kapan serta;
3. Aspek epistemology; mempelajari mengapa dan bagaimana teori pembagian ilmu tertentu, cara atau metode dan system yang digunakan untuk mencapai ‘yang ada’ tadisecara etis dan benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar